Jumat, 29 April 2011

Ucapan Membawa Berkah

Selamatnya manusia karena lisannya, begitulah yang disabdakan Rasululllah SAW. Lidah memang tidak bertulang, namun jika kita tidak mampu menjaganya maka malapetaka akan menimpa kita, bahkan nyawa bisa melayang karenanya.

Oleh karena itu, berucaplah dengan kata-kata yang baik kepada semua orang, anak kecil, sebaya atau orang tua, laki-laki atau perempuan, atasan atau bawahan, kawan atau musuh sekalipun, niscaya mereka akan bermurah hati akan memberikan sesuatu terbaik untuk kita.

Ucapkanlah salam, Assalamu’alaikum, selamat pagi, selamat siang, selamat sore, selamat malam, selamat makan, selamat bekerja, selamat istirahat, selamat tidur dan ribuan ucapan selamat kepada semua orang, agar kita selamat.

Ucapkanlah maaf, jika kita melakukan sesuatu kesalahan atau mohon ijin akan meminta sesuatu, agar segala urusan kita lapang.

Ucapkan tolong, kalau kita minta bantuan kepada orang lain, agar kita dimudahkan setiap urusan.

Ucapkan terima kasih, jika kita menerima sesuatu atau bantuan bahkan menerima fitnahan dan ejekan atau hinaan sekalipun, agar hidup kita aman.

Mulailah dari sekarang bertutur kata dengan ucapan-ucapan yang baik dan mulia agar keberkahan turun dari langit dan keluar dari bumi meliputi dan memayungi kehidupan kita yang sangat singkat ini.

Manusia berkuasa penuh atas lisannya. Namun ketika lisannya telah berucap sesuatu, lisannyalah yang berkuasa atas manusianya.

Ucapan adalah melambangkan jiwa dari hati seseorang. maka hati-hatilah dengan ucapan kita. Ajining diri soko lathi ajining rogo soko busono. Dalam bahasa jawanya artinya perbuatan bisa dilihat dari perkatanya dan tingkah laku bisa dilihat dari pakaiannya. Semoga kita semua diberikan hati yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar